Mewujudkan Ide Kreatif Melalui Crowdfunding, Konsep Pendanaan Kolaboratif

Donatur Dihadiahi Pencantuman sebagai Co-Executive Producer

Mewujudkan Ide Kreatif Melalui Crowdfunding, Konsep Pendanaan Kolaboratif
Mandy Marahimin. Foto : Sofyan Hendra/Jawa Pos
Film Atambua 39" Celcius garapan Riri Riza-Mira Lesmana adalah contoh proyek yang sukses mengail dana melalui situs crowdfunding wujudkan.com yang diprakarsai Mandy Marahimin dan tiga rekannya. Sistem penggalangannya all or nothing: Jika target tak tercapai, uang dikembalikan kepada donatur. 

 
  SOFYAN HENDRA, Jakarta
 

PERMINTAAN seorang teman untuk dicarikan dana pembuatan film membuat Mandy Marahimin berkenalan dengan kickstarter.com. Itulah situs crowdfunding dari Amerika Serikat yang didirikan Perry Chen, Yancey Strickler, dan Charles Adler pada 2008. 

 

Namun, ide film sang rekan ternyata tidak bisa didaftarkan di situs yang pernah ditabalkan majalah Time sebagai salah satu Best Inventions of 2010 tersebut. Sebab, salah satu syaratnya adalah harus memiliki nomor social security AS.

 

Tapi, Mandy yang sudah sebelas tahun ini menjadi pekerja film itu tak kecewa. "Saya malah senang melihat-lihat situs itu. Saya sisihkan USD 20 dolar sebulan buat kasih donasi," kata Mandy saat ditemui di Starbucks Coffee, Mal Senayan City, Jakarta, pekan lalu.

 

Film Atambua 39" Celcius garapan Riri Riza-Mira Lesmana adalah contoh proyek yang sukses mengail dana melalui situs crowdfunding wujudkan.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News