Jumat, 31 Oktober 2014 | 21:59:41
Home / Olahraga / Liga Spanyol / Ada El Clasico di Kasta Kedua

Jumat, 13 Juli 2012 , 00:40:00

EL clasico musim ini tidak hanya melibatkan klub utama Real Madrid dan Barcelona. Sebab, di Segunda Division atau kasta kedua liga Spanyol, Real Madrid Castilla dan Barcelona B juga terlibat persaingan. Itu seiring promosinya Castilla dari Segunda Division B (kasta ketiga liga Spanyol).
 
El clasico kasta kedua pun berlangsung sangat dini. Castilla dan Barca B sudah harus bertemu di jornada kedua (26/8). Castilla akan tampil sebagai tuan rumah di Estadio Alfredo di Stefano. Sedangkan Barca B balik menjadi tuan rumah di Mini Estadi pada jornada ke-23 pada 27 Januari tahun depan.
 
Castilla dan Barca B pun kembali bereuni setelah kali terakhir bertemu lima tahun lalu atau sejak sama-sama terdegradasi ke Segunda Division B. Secara keseluruhan, kedua tim telah bertemu 34 kali baik di liga maupun Copa del Rey. Hasilnya, Castilla lebih banyak menang (14 kali) dan kalah 11 kali.
 
Dalam sejarahnya, Castilla juga sukses melahirkan sejumlah pemain top. Tapi, untuk saat ini, hanya dua nama yang membela Real. Yakni, bek kanan Alvaro Arbeloa dan gelandang Esteban Granero. Di sisi lain, striker Alvaro Morata yang masih 19 tahun promosi ke skuad utama.
 
Entrenador Real Jose Mourinho memiliki alasan memasukkan Morata dalam daftar 25 pemain di skuad utama. "Dia bisa bermain di sayap kiri dan saya pikir dia memiliki potensi berkembang lebih baik di posisi itu," kata Mourinho di situs resmi klub.
 
Produk Castilla lainnya adalah gelandang Chelsea Juan Mata, striker Valencia Roberto Soldado, striker Sevilla Alvaro Negredo, dan gelandang Benfica Javi Garcia. Kecuali Soldado, tiga nama lainnya masuk skuad Spanyol yang memenangi Euro 2012.
 
Di sisi lain, produk sukses Barca B tidak perlu ditanyakan lagi. Sebagian besar pilar Barca musim ini merupakan alumnus Barca B. Dari Victor Valdes, Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Busquets, Thiago Alcantara, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, sampai Lionel Messi.
 
Sebagai catatan, aturan kompetisi di Spanyol menyatakan apabila Castilla dan Barca B tidak bisa bermain di level liga yang sama dengan tim utama mereka. Alhasil, sekalipun keduanya mendapat promosi, tiket itu tidak akan berlaku. Sebagaimana kasus saat Barca B finis tiga besar pada musim 2010-2011. (dns)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar