BI Kelola 13 Gedung Cagar Budaya

BI Kelola 13 Gedung Cagar Budaya
BI Kelola 13 Gedung Cagar Budaya
SURABAYA - Upaya Bank Indonesia (BI) untuk terus menjaga aset gedung cagar budaya terus digencarkan. Gedung-gedung ini merupakan bekas De Javache Bank yang menjadi cikal bakal BI. Deputi Gubernur BI Ardhayadi Mitroatmodjo mengatakan, saat ini BI telah memiliki 13 gedung cagar budaya yang telah diubah menjadi museum. Ke depan ia menargetkan, dapat menyelesaikan perbaikan semua gedung bekas De Javache Bank yang tersebar di Indonesia.

"Masih ada belasan gedung yang belum kami renovasi. Setelah renovasi gedung Mayangkara yang menelan biaya sekitar Rp 2 miliar. Kami akan diresmikan gedung yang berada di Solo," ujarnya saat ditemui di acara peresmian Gedung Mayangkara Surabaya menjadi perpustakaan, Minggu (15/7).

      

Untuk gedung yang di Solo, Ardhayadi mengungkapkan proses renovasi telah diselesaikan. Biayanya Rp 4 miliar. Sebelumnya, tahun ini, pihaknya telah menyelesaikan dua gedung yaitu Gedung di Jalan Garuda Sutrabaya, yang menelan biaya Rp 10 miliar dan gedung yang ada di Yogyakarta yang menelan biaya sekitar Rp 4 miliar.

Ia berharap gedung-gedung baru yang telah dikelola BI ini akan dapat mengikuti keberhasilan museum BI di Jakarta Kota. Gedung ini dinobatkan menjadi museum favorit oleh satu lembaga pengamat museum. Bahkan menjadi favorit diantara 63 museum di Indonesia.

SURABAYA - Upaya Bank Indonesia (BI) untuk terus menjaga aset gedung cagar budaya terus digencarkan. Gedung-gedung ini merupakan bekas De Javache

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News