Turunkan Hipertensi Cegah Stroke

Turunkan Hipertensi Cegah Stroke
Turunkan Hipertensi Cegah Stroke
BOGOR-Gangguan susunan saraf pusat yang dikenal dengan stroke, cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia penyakit ini menduduki posisi ketiga setelah jantung dan kanker, kemudian saat ini menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian di rumah sakit.

Efek dari stroke itu mempunyai pengaruh yang kuat terhadap sistem kerja saraf manusia, sehingga mereka yang sudah terkena stroke akan mengalami gangguan terhadap sistem sarafnya.  Kebanyakan dari mereka setelah mengalami stroke ada yang meninggal dunia, sisanya mengalami kelumpuhan sebagian maupun total. Hanya sedikit yang dapat sembuh total dari serangan stroke atau kecacatan.

Stroke masih merupakan masalah utama di bidang neurologi maupun kesehatan pada umumnya. Untuk mengatasi masalah krusial ini, diperlukan strategi penanggulangan stroke yang mencakup aspek preventif, terapi rahabilitasi, dan promotif.

Menurut dr H Yoeswar A. Darisan, dokter RS Karya Bhakti, faktor risiko stroke terdiri dari nonmodifable dan modifiable. Hipertensi termasuk dalam faktor risiko modifiable, merupakan faktor resiko kuat dimana pada tekanan darah 160/95 mmHg, potensi terjadinya stroke meningkat sebesar 3-3,5 kali.

BOGOR-Gangguan susunan saraf pusat yang dikenal dengan stroke, cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia penyakit ini menduduki posisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News