Galaksi Spiral Awal Semesta Ditemukan

Galaksi Spiral Awal Semesta Ditemukan
Galaksi Spiral Awal Semesta Ditemukan
FLORIDA - Untuk pertama kalinya para astronom menemukan sebuah galaksi spiral di awal alam semesta terbentuk. Galaksi ini diperkirakan telah ada miliaran tahun sebelum banyak galaksi spiral lainnya terbentuk.

Dalam temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature (19/7), para astronom mengatakan mereka menemukan galaksi tersebut saat menggunakan Hubble Space Telescope saat melakukan pengawasan dari sekitar 300 galaksi yang sangat jauh di alam semesta awal guna mempelajari sifat mereka. Galaksi spiral jauh tersebut menarik perhatian astronom karena terbentuk sekitar tiga miliar tahun setelah Big Bang. Sedangkan cahaya yang dipancarkan dari bagian alam semesta awal tersebut telah melakukan perjalanan ke Bumi sekitar 10,7 miliar tahun.

"Untuk awal alam semesta, galaksi terlihat benar-benar aneh, tidak teratur dan juga tidak simetris," kata Alice Shapley, UCLA profesor fisika dan astronomi penulis studi tersebut seperti dilansir Sciencedaily (18/7).

Galaksi di alam semesta saat ini terbagi ke dalam berbagai jenis, termasuk galaksi spiral seperti Bima Sakti kita sendiri, yang berputar seperti disk (cakram) dari bintang-bintang dan gas dimana bintang-bintang baru terbentuk, dan galaksi elips (lonjong) yang  lebih tua, biasanya terdiri dari bintang merah yang bergerak ke arah yang acak.

FLORIDA - Untuk pertama kalinya para astronom menemukan sebuah galaksi spiral di awal alam semesta terbentuk. Galaksi ini diperkirakan telah ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News