Pemerintah Tetapkan Puasa Mulai 21 Juli

Muhammadiyah dan FPI Tetap Jumat

Pemerintah Tetapkan Puasa Mulai 21 Juli
JOGJAKARTA - Sejumlah umat muslim menunaikan Salat Tarawih di Masjid Kauman, Jogjakarta, Kamis (19/7). Foto : Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja
JAKARTA- Penetapan awal Ramadhan selalu diwarnai perbedaan, setiap tahunnya. Tidak terkecuali tahun ini. Namun, berdasarkan pengamatan Rukyah dimana mayoritas menyatakan tidak melihat hilal, pemerintah akhirnya menetapkan awal puasa jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli nanti. Hal itu diputuskan dalam Sidang Isbat Awal Ramadhan 1433 Hijriyah di gedung Kemenag, kemarin (19/7). "

"Kami memutuskan dan menetapkan bahwa tanggal 1 ramadhan jatuh pada hari Sabtu tanggal 21 juli 2012. Keputusan ini mulai berlaku pd saat ditetapkan," ujar Menag Suryadharma Ali (SDA).

Putusan tersebut dibuat setelah mendengarkan tanggapan-tanggapan dari sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam. Diantaranya, Pengurus Besar Nahdlatul Utama (PBNU), Dewan Masjid Indonesia, Dewan Dakwah Indonesia, Perhimpunan Al Irsyad, Lajnah Falakiyah PBNU, Wahdah Islamiyah, Persatuan Umat Islam hingga Front Pembela Islam (FPI).

Hampir seluruh ormas Islam tersebut sepakat dengan penetapan awal Ramadhan oleh pemerintah. Berdasarkan pemantauan hilal oleh pemerintah, sebanyak 38 kantor wilayah menyatakan tidak melihat hilal. "Hilal tidak bisa dilihat, oleh karenanya 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012," tegas SDA.

JAKARTA- Penetapan awal Ramadhan selalu diwarnai perbedaan, setiap tahunnya. Tidak terkecuali tahun ini. Namun, berdasarkan pengamatan Rukyah dimana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News