Membangun Merah Putih Berbasis Teknologi Komunikasi

Background di Balik Berita dari Forum Pemred JP Group di Pekanbaru, Riau (5)

Membangun Merah Putih Berbasis Teknologi Komunikasi
Direktur Utama PT Indosat Harry Sasongko Tirtotjondro dalam Forum Pemimpin Redaksi JPNN. Foto: JPNN

jpnn.com - DI hadapan sekitar 100 pemred media cetak dan 10 TV lokal yang tergabung dalam Forum Pemred JPNN itu, Direktur Utama PT Indosat Harry Sasongko Tirtotjondro memaparkan industri komunikasi juga memberi peran vital bagi negeri. Dia menjelaskan, bagaimana membangun Republik ini dengan teknologi komunikasi. Berikut bagian dari perbincangan yang kami sarikan di lanjutan catatan ini.

Dirut Indosat, Harry Sasongko Tirtotjondro cukup lapang, menjelaskan berbagai fakta di dunia telekomunikasi di Indonesia. Tentu, ada beberapa yang hanya untuk konsumsi terbatas, dan cara menyampaikannya pun dari hati ke hati dengan para pemimpin Redaksi Jawa Pos Group, di Pekanbaru tersebut. Ini kali pertama mantan petinggi GE Financial, Harry Sasongko itu berkomunikasi langsung dengan para pemimpin redaksi.

:TERKAIT “Ini menjadi kesempatan sangat baik untuk bertukar pikiran dengan awak media dari seluruh Indonesia,” katanya. Ia seperti tak ingin tampil mengecewakan. Bersama timnya, ia nampak begitu serius mempersiapkan materi presentasi, termasuk bersimulasi soal produk komunikasi data milik Indosat yang supercepat itu. Tak berbeda jauh dari penampilannya yang serius, gaya presentasi Harry pun serius.

Maklum, latar belakang Harry memang bukan orang telekomunikasi. Sekalipun pria ini menyandang gelar insinyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) namun karirnya lebih banyak dihabiskan di industri keuangan. Seperti pada umumnya orang keuangan, penampilannya sulit diajak santai. Raut muka, wajah, dan bahasanya serius.

Karena itu, tak mengherankan banyak orang terkejut ketika namanya tiba-tiba muncul sebagai Presiden Direktur PT Indosat pada 11 Agustus 2009 silam, menggantikan Johny Swandi Sjam. Toh sentuhan serius Harry mampu menjawab keraguan banyak pihak. Di tangan Harry Indosat terus melesat. Jelang akhir 2011, Harry berhasil membukukan pencapaian positif bagi Indosat.

Misalnya jumlah pelanggan yang melesat di atas 50 juta nomor, pengurangan utang, dan free cash flow yang positif. Itu sekilas tentang sosok Harry Sasongko. Di sesi ini, Harry tidak memaparkan kesuksesannya selama menggawangi Indosat. Ia memaparkan tentang implementasi teknologi netral dalam telekomunikasi. Itu terkait arus teknologi yang terus mengglobal tanpa tapal batas lagi.

Dulu lalu, operator telepon seluler hanya diberi kesempatan menggunakan teknologi dengan frekuensi tertentu. Mereka dilarang menggunakan frekuensi lain. “Ke depannya tidak begitu lagi. Karena, kita menuju era teknologi netral, dengan memberikan kesempatan operator untuk mengelola secara netral. Dengan teknologi netral, akan lebih cepat menuju era broadband,” papar Harry.

Membangun Indonesia melalui teknologi telekomunikasi merupakan paparan akhir yang disampaikan Harry. Tema yang berat ini, disampaikan Harry dengan lugas dan jelas. Ia memang sempat menyinggung produk terbaru Indosat Super Wifi yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Saat diuji coba langsung di layar lebar, kecepatan komunikasi data dengan Super Wifi itu memang luar biasa.

DI hadapan sekitar 100 pemred media cetak dan 10 TV lokal yang tergabung dalam Forum Pemred JPNN itu, Direktur Utama PT Indosat Harry Sasongko Tirtotjondro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News