Korban Bencana Sulit Direlokasi

Korban Bencana Sulit Direlokasi
Korban Bencana Sulit Direlokasi
PADANG--Bencana datang, bukan sekali saja, tapi berulang-ulang. Namun, apa yang dilakukan setelah itu. Meski telah berulang kali dihantam bencana, belum sedikitpun terbersik dari pikiran warga untuk meninggalkan kampung halaman mereka. Tak hanya sekadar mata pencaharian, harapan mereka juga sudah bulat di tanah leluhur.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Lambungbukik, Firdaus, menyebutkan, meski warganya di Batubusuk kerap mengalami musibah, namun, mereka belum berpikir untuk pergi. Sulit, kalau harus memulai hidup di lokasi yang baru, apalagi lokasi yang asing.

“Memang benar, warga Batubusuk, Lambungbukik, sangat rentan menjadi korban bencana. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Namun, untuk memindahkan mereka, mungkin sangat berat,” kata Firdaus yang meninjau korban bencana di Batubusuk, Kamis (26/7).

Menurutnya, yang baik dilakukan saat ini adalah, pemerintah memberikan pemahaman tentang mitigasi bencana kepada masyarakat dengan lebih baik. “Kalau berharap relokasi, tentu prosesnya sulit, dan biayanya mahal. Lagipula, sulit meminta mereka pindah,” kata Firdaus.

PADANG--Bencana datang, bukan sekali saja, tapi berulang-ulang. Namun, apa yang dilakukan setelah itu. Meski telah berulang kali dihantam bencana,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News