Ilmuwan Temukan Kembaran Sistem Tata Surya

Ilmuwan Temukan Kembaran Sistem Tata Surya
Ilmuwan Temukan Kembaran Sistem Tata Surya
CALIFORNIA - Para ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan University of California di Santa Cruz berhasil mendeteksi sebuah sistem tata surya paralel seperti layaknya tata surya kita sendiri. Sistem keplanetan yang berjarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi ini memiliki planet yang sangat banyak yang orbitnya selaras dan dekat dengan bintang induknya.

Temuan tersebut adalah hasil pemeriksaan para astronom melalu teleskop ruang angkasa NASA Kepler. Dalam tata surya yang baru ditemukan itu terdapat bintang besar terang yang disebut Kepler-30, yang beroperasi seperti matahari.

"Dalam tata surya kita, lintasan planet-planet sejajar dengan rotasi matahari," kata Roberto Sanchis-Ojeda, seorang mahasiswa pascasarjana fisika di MIT yang memimpin tim peneliti seperti dikutip CBC News, Kamis (26/7).

Para peneliti percaya bahwa Kepler-30 adalah bintang yang sangat muda dan berputar sekali setiap 16 hari atau lebih. Ada tiga planet yang mengorbitnya, yaitu setiap 29 hari, 60 hari dan ketiga 143 hari.

CALIFORNIA - Para ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan University of California di Santa Cruz berhasil mendeteksi sebuah sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News