Senin, 22 September 2014 | 03:13:01
Home / Teknologi / Sains / Ilmuwan Temukan Kembaran Sistem Tata Surya

Jumat, 27 Juli 2012 , 19:31:00

BERITA TERKAIT

CALIFORNIA - Para ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan University of California di Santa Cruz berhasil mendeteksi sebuah sistem tata surya paralel seperti layaknya tata surya kita sendiri. Sistem keplanetan yang berjarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi ini memiliki planet yang sangat banyak yang orbitnya selaras dan dekat dengan bintang induknya.

Temuan tersebut adalah hasil pemeriksaan para astronom melalu teleskop ruang angkasa NASA Kepler. Dalam tata surya yang baru ditemukan itu terdapat bintang besar terang yang disebut Kepler-30, yang beroperasi seperti matahari.

"Dalam tata surya kita, lintasan planet-planet sejajar dengan rotasi matahari," kata Roberto Sanchis-Ojeda, seorang mahasiswa pascasarjana fisika di MIT yang memimpin tim peneliti seperti dikutip CBC News, Kamis (26/7).

Para peneliti percaya bahwa Kepler-30 adalah bintang yang sangat muda dan berputar sekali setiap 16 hari atau lebih. Ada tiga planet yang mengorbitnya, yaitu setiap 29 hari, 60 hari dan ketiga 143 hari.

Sebelum penemuan ini, para ilmuwan terjebak dengan menganalisis sistem tata surya yang memiliki ketidakteraturan orbit, dengan planet yang dijuluki "Hot Jupiter" yang mengorbit dekat dengan bintang induknya. Penemuan ini pun dipublikasikan di jurnal Nature.

"Fakta bahwa planet-planet melakukan rotasi atas matahari dengan berbaris, itu mungkin bukan kebetulan aneh," tambahnya. (Esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar