Virus Flu Singa Laut Berpotensi Menyerang Manusia

Virus Flu Singa Laut Berpotensi Menyerang Manusia
Virus Flu Singa Laut Berpotensi Menyerang Manusia
WASHINGTONDC--Ilmuwan di Amerikat Serikat menemukan jenis virus influensa baru pada singa laut yang dikuatirkan bisa mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan. Flu H3N8 itu dikaitkan dengan kematian singa-singa laut di New England tahun lalu.

Para peneliti menduga virus tersebut kemungkinan berkembang dari jenis yang menyebar pada burung. Temuan itu mengangkat potensi pandemi flu yang muncul dari sumber yang tidak terduga.

Menurut BBC , para peneliti pada mulanya bingung atas kematian misterius 162 singa laut di seputar pantai New England tahun lalu. Otopsi atas lima mamalia laut menunjukkan binatang itu mati akibat H3N8, virus yang menyebar pada burung di Amerika Utara sejak 2002.

Salah seorang penulis makalah penelitian, Profesor Ian Lipklin, dari Universitas Colombia di Amerika Serikat, adalah peneliti virus yang menemukan virus Nile Barat dan juga Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Disebutkan kepada BBC temuan virus pada singa laut ini merupakan 'lompatan baru.'

WASHINGTONDC--Ilmuwan di Amerikat Serikat menemukan jenis virus influensa baru pada singa laut yang dikuatirkan bisa mempengaruhi kesehatan manusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News