Rabu, 30 Juli 2014 | 18:07:28
Home / Pendidikan / Pemerintah Pusat Dinilai Tidak Siap Gelar UKG Online

Rabu, 01 Agustus 2012 , 13:02:00

BERITA TERKAIT

PURBALINGGA- Ketua PGRI Kabupaten Purbalingga, Ishak MPd menilai, pemerintah provinsi maupun pusat belum siap dalam pelaksanaan ujian kompetensi guru (UKG) online. Mereka tidak melihat kemampuan server jaringan internet sehingga saat dipakai, semua macet dan tidak bisa diakses sama sekali.

Dia mengatakan, seharusnya ada langkah antisipasi sebelumnya.Bisa dengan pembagian rayon untuk menyikapi server yang harus memiliki kapasitas ekstra besar. Misalnya salah satu Jateng, maka dibagi di titik mana saja agar bisa cepat aksesya.

"Sebaliknya, pemerintah terkesan buru- buru. Sehingga tidak memikirkan aspek server internet. Harus ada ada penanganan segera dari pusat maupun provinsi," ujarnya.

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah membagi seperti ujian nasional. Yaitu rayon mana saja yang dijatahkan bagi wilayah Purbalingga dan lainnya. Sehingga server akan terbagi dan mengurangi terjadinya overloading server.

Kegagalan UKG Online yang terjadi selama dua hari berturut- turut ini juga dinilai sangat merugikan guru. Misalnya saat para guru berbondong- bondong mengikuti UKG, siswa diperintahkan belajar di rumah atau kadang tidak ada jam mengajar.

Sementara itu, Kabid Tenaga Kependidikan (Tendik) Dinas Pendidikan Purbalingga Supardan mengatakan, pada hari kedua UKG, baru ada satu mata pelajaran yang sudah bisa online. Yaitu mapel Seni dan Budaya yang bertempat di SMPN 1 Padamara.

"Sementara hanya satu mapel itu. Yang lain masih gagal dan akan dijadwal ulang pada 1-6 Oktober mendatang. Kita memang tak mengira bisa terjadi seperti ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, UKG online 17 lokasi di kabupaten Purbalingga pada hari pertama, Senin (30/7) kemarin gagal total. Sebanyak 3 gelombang pada hari itu, tidak bisa melaksanakan ujian karena koneksi internet di server tak bisa terhubung dengan Jakarta. (amr/bdg)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 06.08.2012,
        00:58
        blancoest
        Ukg itu tdk masalah...yg jadi masalahnya itu nilai kecil bikin malu...he he.. Tapi ga banget...nilai sy 60, itu bagus... Sebab saya harus mengerjakn 3 jenis soal diluar kesenirupaan saya.. Musik, tari dan teater sma. Belum ada sarjana, master dan doktor seni budaya terpadu. bung.. From mobile
      2. 05.08.2012,
        06:58
        SLAMET ARUDI
        jika tidak ada sertifikasi ada ukg tidak ?
      3. 02.08.2012,
        08:06
        rino m.a.sajow
        ukg online sdh bagus dilaksanakan,tp untuk kami guru smp khusus IPA ,soal tidak sesuai. karna sampai saat ini belum ada sarjana IPA terpadu.
      4. 02.08.2012,
        08:06
        rino m.a.sajow
        ukg online sdh bagus dilaksanakan,tp untuk kami guru smp khusus IPA ,soal tidak sesuai. karna sampai saat ini belum ada sarjana IPA terpadu.
      5. 01.08.2012,
        13:46
        nurl hidayati
        sebetulna akan lebih efektif bila yang diuji mulai dari pusat saja terdulu, baru dilanjutkan ke daerah- daerah. jangan terlampau luas jangkauan
      6. 01.08.2012,
        13:23
        bambang
        nafsu besar tenaga kurang From mobile