Guru Nilai Soal UKG Tak Bermutu

Guru Nilai Soal UKG Tak Bermutu
Guru Nilai Soal UKG Tak Bermutu
JAKARTA--Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah berlangsung sejak 30 Juli 2012 lalu dinilai tidak berkualitas. Hal tersebut terlihat dari bobot soal yang diujikan dan dikerjakan oleh para guru-guru yang mengikuti UKG.

"Soal yang diujikan tidak berkualitas. Terlalu umum, sangat teoritis. Bahkan, soal pun banyak salah ketik dan tidak sesuai dengan kaidah bahasa (ejaan yang disempurnakan/EYD)," ungkap Sekretaris Jenderal Federasi Guru Seluruh Indonesia (FGSI) Retno Listyarti di Jakarta, Rabu (1/8).

Menurutnya, para peserta UKG juga banyak yang berpendapat bahwa soal yang diujikan tidak valid. Antara lain, lanjut Retno, ditemukan soal yang berbentuk pilihan ganda tapi pilihan jawaban yang sama.

"Ini tentu tidak seuai dengan prinsip-prinsip kaidah penulisan soal yang benar. Rekruitmen penulis soal ini akan kami pertanyakan mekanisme dan kriterianya," ujar Retno.

JAKARTA--Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah berlangsung sejak 30 Juli 2012 lalu dinilai tidak berkualitas. Hal tersebut terlihat dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News