Segeralah Minta Ampun

Segeralah Minta Ampun
Segeralah Minta Ampun
SIAPA berani memproklamirkan diri sebagai manusia tak pernah berbuat dosa! Pasti tidak ada satu pun manusia yang tidak pernah berbuat kesalahan. Dalam sehari saja, kalau mau jujur, kita pasti berkali-kali melakukannya. Baik kepada Allah, sesama manusia, maupun kepada makhluk Allah lainnya.

Nah, kalau itu ditotal selama seminggu, sudah berapa banyak dosa-sosa kita? Kalau sebulan, sudah berapa tumpuk kesalahan kita? Kalau setahun, sudah berapa gelondong kekhilafan kita? Manusia memang tempat salah dan lupa.

Sekarang kita telah memasuki Ramadan. Tentu bergembira sekali dapat dipertemukan dengan bulan penuh berkah dan ampunan (maghfirah). Kesempatan untuk memohon ampunan kepada Allah. Kalau punya kesalahan dengan seseorang, bersegeralah meminta maaf kepadanya. Kalau berbuat dosa, saatnya bermunajat dan memohon ampun sebanyak-banyaknya kepada Allah. Dekatkanlah diri kita baik secara vertikal kepada Allah maupun secara horizontal kepada sesama manusia. Jangan ditunda-tunda. Bersegeralah!

Sebagaimana difirmankan Allah di dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 133-134. ’’Wa syari’u ila maghfirotin min robbikum wa jannat ardhuha samawaatu wal ardhu. U’iddat lil muttaqin. Alladzina yunfiquuna fissarroo’i wadhorro’i wal kaadzimiinal ghoidzo wal afiina ’aninnaas. Wallahu yuhibbul muhsinin.’’ (Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang bertakwa. Yaitu orang yang menafkahkan hartanya baik dalam keadaan lapang maupun sempit, mampu menahan amarah dan memaafkan sesama manusia).

SIAPA berani memproklamirkan diri sebagai manusia tak pernah berbuat dosa! Pasti tidak ada satu pun manusia yang tidak pernah berbuat kesalahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News