SBY Klaim Upayakan Diplomasi untuk Etnis Rohingnya

Sebut Sebagai Konflik Horisontal

SBY Klaim Upayakan Diplomasi untuk Etnis Rohingnya
SBY Klaim Upayakan Diplomasi untuk Etnis Rohingnya
BOGOR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya buka suara secara langsung terkait pembakaran perkampungan dan pengusiran terhadap etnik Rohingnya di Provinsi Rakhine, Myanmar. SBY menolak disebut jika pemerintah diam menyikapi kekerasan terhadap etnis Rohingnya seperti disuarakan sejumlah kalangan.

"Pemerintah bukan hanya prihatin, tapi telah, sedang, dan terus melakukan upaya baik itu diplomasi maupun upaya lain yang berkaitan dengan isu kemanusiaan etnis Rohingnya," kata SBY di kediaman pribadi, Puri Cikeas, Bogor, kemarin (4/8). Keterangan tersebut disampaikan sebelum melakukan buka bersama dengan jamaah majelis zikir SBY Nurussalam.

SBY mengatakan, pemerintah aktif membahas permasalahan etnis Rohingnya melalui forum PBB, ASEAN, maupun secara bilateral dengan Myanmar. Indonesia juga memberikan perhatian dengan menerima para pengungsi dan pencari suaka dari etnis Rohingnya. "Sekarang tercatat ada 270 pencari suaka dan 124 pengungsi Rohingnya," katanya.

Selanjutnya, kata SBY, Indonesia bekerjasama dengan PBB dan lembaga internasional lainnya untuk menyelesaikan, memberikan status, atau menyalurkan kepada pihak ketiga.

BOGOR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya buka suara secara langsung terkait pembakaran perkampungan dan pengusiran terhadap etnik Rohingnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News