Rabu, 30 Juli 2014 | 20:08:46
Home / Pendidikan / Pendidikan / Kuota Bidik Misi 2013 Digenjot Jadi 60 Ribu

Senin, 06 Agustus 2012 , 04:04:00

BERITA TERKAIT

YOGYAKARTA - Meski sistem pencairan beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) masih bolong-bolong, tahun depan pemerintah berniat menambah kuotanya. Tahun depan pemerintah menarget kuota Bidik Misi naik antara 50 ribu hingga 60 ribu.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini masih menghitung ulang penganggaran untuk penambahan kuota Bidik Misi tadi. "Kenaikan ini sudah menjadi instruksi presiden waktu rapat di tempat kita (Kemendikbud). Insya Allah terwujud," ujar Mendikbud Mohammad Nuh saat safari Ramadan di komplek Al Ma"arif Yogyakarta, Minggu (5/8).
 
Nuh menjelaskan kuota pokok Bidik Misi tahun ini adalah 30 ribu. Dalam pengajuan APBN-P 2012 Kemendikbud meminta tambahan kuota Bidik Misi sebanyak 12 ribu. Dengan demikian kuota Bidik Misi 2012 sebanyak 42 ribu. Termasuk 2 ribu di antaranya dialokasikan untuk PTS.
 
"Naikknya harus signifikan. Kalau cuma naik satu persen, bukan naik namanya," ujar dia.

Nuh juga menegaskan bahwa program Bidik Misi ini program jangka panjang. Tidak boleh berhenti pada 2013, 2014, dan tahun-tahun berikutnya. Meskipun menteri atau presidennya ganti, Nuh mengatakan Bidik Misi tetap jalan. Jika nanti Bidik Misi dihentikan berarti melanggar amanah UU Pendidikan Tinggi (Dikti).

Selain berencana menaikkan kuota, Kemendikbud sekarang juga sedang mengkaji peningkatan unit cost Bidik Misi yang diterima mahasiswa. Sejak dijalankan beberapa tahun lalu hingga sekarang, unit cost Bidik Misi dipatok sebesar Rp 12 juta per siswa per tahun. Dengan catatan beasiswa ini hanya dikucurkan untuk empat tahun saja.

"Rencana menaikkan unit cost itu memang ada. Besarannya nanti mengikuti inflasi," kata dia. Intinya Nuh, mengatakan sudah tidak boleh lagi ada laporan mahasiswa berprestasi dilarang atau tidak bisa masuk kuliah gara-gara miskin.
 
Terkait urusan pendistribusian atau daya serap Bidik Misi, Nuh mengatakan sampai saat ini memang masih ada sedikit ganjalan. "Namanya juga program baru. Tentu harus ada evaluasi dan perbaikan," ujar mantan rektor ITS itu.
 
Di antara kelemahan yang tidak kunjung tuntas adalah soal ketepatan sasaran penerima Bidik Misi. Di sejumlah PTN, Bidik Misi ternyata diterima oleh mahasiswa dari keluarga kaya. Meskipun akhirnya dicabut, pemerintah tetap wajib memperbaiki sistem penyaluran Bidik Misi sehingga bisa benar-benar diterima oleh mahasiswa miskin.
 
Nuh menuturkan pihaknya sudah merancang strategi baru untuk membuat penyaluran Bidik Misi tepat sasaran. Yang utama dia meminta seluruh jajaran petinggi PTN terus berkoordinasi dengan para kepala sekolah di wilayah mereka. Dengan koordinasi yang kuat ini, Nuh yakin PTN tidak akan kesulitan menjadi calon penerima Bidik Misi.
 
Pembenahan berikutnya adalah, Kemendikbud sedang menyusun database pelajar miskin. "Mulai dari SD hingga SMA atau SMK harus ada database pelajar miskin," katanya. Data ini diambilkan dari pencairan beasiswa siswa miskin (BSM).

Saat ini setidaknya ada 8 juta pelajar yang menerima BSM. Nuh mengatakan jika database pelajar miskin ini sudah jadi tahun depan, bisa menjadi andalan pencairan Bidik Misi.
 
Nuh juga berpesan kepada seluruh PTN penerima Bidik Misi. Dia meminta para PTN ini tidak hanya menjaring calon mahasiswa berprestasi tapi miskin di lingkungan perkotaan saja. Tetapi juga harus sampai ke pelosok-pelosok daerah.

"Misalnya untuk PTN di Yogyakarta, juga harus mencari penerima Bidik Misi dari daerah-daerah pelosok lainnya," pinta dia. (wan)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        04:48
        good backlinks
        hjfgZZ Really informative blog.Much thanks again. Cool. From mobile
      2. 25.06.2014,
        02:19
        awesome seo
        WkEj4i Really informative blog article.Really thank you! Cool. From mobile
      3. 15.01.2014,
        20:55
        Wega Nafa
        apa bisa daftr bidik misi tanpa melalui sekolah ? From mobile
      4. 03.04.2013,
        17:33
        dahlia
        pak,bagaimana caranya sendiri bidikmisi tanpa melalui sekolah????mendaftar bisaa gak ya pak??
      5. 16.03.2013,
        09:59
        latisya gea
        assalamu'alaikum... :)
        pak, tanya...
        lulusan thn 2012 bsa ikt bidik misi gak y?
        kalau bsa crany bagimana?
        trimakasiiiih, mh0n d jwb.. :)
      6. 13.03.2013,
        02:01
        Faruq
        Assalaualaikum.
        pak,saya pengen sekali kuliah di Universitas Air Langga (UNAIR),misalnya saya mengambil jurusan KIMIA,tetapi nilai kimia saya itu tidak menonjak terus pak.tinggi,standat,tinggi,apak ah masih bisa masuk seleksi pak.Terima kasih,saya mengharab jawaban dari bapak.
        Wassalamualaikum.
      7. 10.03.2013,
        17:19
        Martinus Gawi
        Pak saya minta tolong panduan bidik misi 2013 dan form pendaftaran online
      8. 03.03.2013,
        11:36
        Nopi
        assalamu'alaikum, pak saya mau tanya misalnya saya mengambil jurusan matematika tetapi nilai b.ingg saya agak dibawah masih bisa masuk dtdk ya?
      9. 24.02.2013,
        21:10
        Ainun
        Assalam, Pak, jika IPnya rendah. apakah siswa yg bersangkutan dikeluarkan dari Bidik Misi?
      10. 14.02.2013,
        14:35
        Winda Widiyawati
        Assalamualaikum,
        Pak, saya siswa dari SMAN1 Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Saya ingin sekali kuliah di Universitas Brawijaya Malang. Apa masih ada kemungkinan untuk saya mendapatkan beasiswa bidikmisi tsb? Sedangkan bidikmisi biasanya jg mempertimbangkan lokasi tempat tinggal siswa dan PTN. Terima kasih, saya mengharapkan jawaban dari bapak.
        Wassalamualaikum From mobile