Mahasiswa Calon Guru Diasramakan dan Ikatan Dinas

Mahasiswa Calon Guru Diasramakan dan Ikatan Dinas
Foto: Andri Ginting/Sumut Pos
YOGYAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus merancang strategi membenahi kualitas guru yang belum meningkat tajam. Selain menyasar para guru langsung, mereka juga melakukan pembenahan mulai mahasiswa calon guru. Yaitu dengan diasramakan dan ikatan dinas.

Disela kunjungannya ke Unviersitas Negeri Yogyakarta (UNY) kemarin (6/8) Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, perbaikan kualitas guru tidak hanya cukup dengan meningkatkan kualitas guru yang sudah mengajar saja. "Tetapi meningkatkan kemampuan dan profesionalitas sejak mahasiswa itu juga tidak kalah penting," ucap dia.

Diantara formulasi untuk menggenjot kualitas guru sejak dini adalah, Kemendikbud akan mengasramakan para mahasiswa calon guru. Tidak tanggung-tanggung, mahasiswa calon guru tadi diasramakan selama empat tahun. Untuk tahun ini, Kemendikbud akan mulai proyek pemanasan dengan mengasramakan mahasiswa calon guru untuk yang sudah tingkat akhir.

Selain menjalankan sistem asrama bagi mahasiswa calon guru, Nuh juga menuturkan Kemendikbud sedang menyusun skema untuk menjalankan ikatan dinas. Dengan demikian, mahasiswa calon guru yang diasramakan tadi sudah meneken kontrak ikatan dinas sebagai seorang guru.

YOGYAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus merancang strategi membenahi kualitas guru yang belum meningkat tajam. Selain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News