876 Pemuda Suku-suku Papua Masuk PTN

Ikut Saringan Khusus, Biaya Kuliah Gratis

876 Pemuda Suku-suku Papua Masuk PTN
876 Pemuda Suku-suku Papua Masuk PTN
JAKARTA - Akses pendidikan tinggi bagi pemuda dari suku-suku di Papua mulai digenjot. Pada tahun ajaran sekarang, pemerintah merekrut 876 pemuda dari 250 suku di Papua untuk dikuliahkan di 32 perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia. Termasuk di kampus-kampus top seperti UI, IPB, ITB, UGM, dan ITS.

Program peningkatan akses pendidikan tinggi secara massal bagi anak Papua ini, baru pertama kali dijalankan meskipun kemerdekaan Indonesia sudah berumur 67 tahun. "Kita sambut baik. Karena selama ini jangankan masuk PTN, mimpi masuk PTN saja bagi mereka hampir tidak mungkin," tutur Ketua Mejelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) Idrus Paturusi kemarin (7/8).

Ratusan pemuda Papua tadi disebar dalam sejumlah program studi (prodi). Mulai dari prodi-prodi di rumpun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Teknik (FT).

Idrus yang juga rektor Universitas Hasanuddin itu menuturkan, rekrutmen atau penerimaan para mahasiswa dari suku-suku di Papua itu dibedakan dengan mahasiswa umum lainnya. Para mahasiswa dari Papua itu masuk PTN melalui jalur khusus diluar jalur SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) maupun jalur mandiri kampus.

JAKARTA - Akses pendidikan tinggi bagi pemuda dari suku-suku di Papua mulai digenjot. Pada tahun ajaran sekarang, pemerintah merekrut 876 pemuda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News