Kamis, 23 Oktober 2014 | 06:56:05
Home / Bisnis / KPR BCA Incar Luar Jakarta

Kamis, 09 Agustus 2012 , 02:20:00

BERITA TERKAIT

SURABAYA - Pertumbuhan properti di tanah air tidak lagi berpusat di Jakarta. Ini yang membuat perbankan mulai menyasar kota di daerah-daerah untuk penyaluaran KPR (kredit pemilikan rakyat). Salah satunya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Division Head Unit Bisnis Kredit Konsumer BCA, Felicia Mathelda Simon mengatakan sejak 2007, mereka fokus ke Jakarta. Saat ini, booming properti tidak lagi di ibu kota. Karena itu, bank milik Djarum tersebut mulai menyasar kota-kota besar di tanah air.

"Surabaya, sebagai kota terbesar kedua wajib. Salah satu, pengembangan besarnya yang kita gandeng adalah Pakuwon," ujarnya di sela Signing Ceremony BCA-Pakwon Group di Pakuwon City, Rabu (8/8).

Setelah Surabaya, mereka menyasar Makassar, Malang, dan Semarang. KPR BCA berharap tahun ini dapat teralisasi semua. Paling lambang, Maret tahun depan. Selanjutnya, perseroan menggarap Medan, Balikpapan, dan Palembang.

"Saat ini, komposisi penyaluran KPR di daerah Jabodetabek dengan luar Jabodetabek 50:50. Jadi, 50 persen dibagi ke seluruh Indonesia," paparnya.

Selain dengan Pakuwon, BCA sudah menggandeng sekitar 150 pengembang perumahan di mana 70 diantaranya berada di Jatim. Felicia menambahkan, pihaknya pada 2012 membidik pertumbuhan 30 persen untuk penyaluran KPR dibanding realisasi pada 2011 yang tercatat mencapai Rp 2,8 triliun.

"Untuk Surabaya kami harapkan bisa menyumbang sekitar 12 persen dari total portofolio KPR. Khusus, Pakuwon dapat menyumbang Rp 100 miliar," kata Felicia.

Direktur Marketing Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi mengatakan kerja sama diharapkan bisa meningkatkan penjualan properti-properti yang kini terngah dikembangkan Pakuwon. BCA sendiri merupakan bank ke-14 yang bergabung dalam pembiayaan Pakuwon Group. Developer yang berasal dari Surabaya itu memiliki banyak proyek yang potensi bagus.

Sutandi menyebut proyek Pakuwon City di Surabaya Timur di mana dari 600 hektar lahan yang mereka punyai, baru 280 hektar atau kurang dari separuhnya yang terdevelop. Kawasan Pakuwon City juga akan menjadi head office Pakuwon Group di Surabaya.

"Belum lagi, kami adalah satu-satunya pengembang yang baru mengembangkan golf view di kawasan Surabaya Barat. Developer lain sudah habis sejak lama," jelasnya. (dio)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar