Gawat, Stok Darah di Kota Sampit Kosong

Gawat, Stok Darah di Kota Sampit Kosong
Gawat, Stok Darah di Kota Sampit Kosong
SAMPIT – Persediaan darah selama bulan suci Ramadan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kosong. Bukan sekali dua kali, kejadian ini terjadi setiap tahunnya di bulan suci. "Stok darah di kita kosong. Kalaupun saat ini masih ada tersimpan itu milik pasien yang dititipkan,” kata Kepala PMI Kotim, Agus Mulyadi, Rabu (8/8).

Kurangnya stok darah ini, kata Agus, karena para pendonor biasanya berhenti atau mengurangi menyumbangkan darah selama Ramadan. Stok darah terhenti, namun jumlah permintaan tetap sama, sehingga antara persediaan dan permintaan tidak berimbang. “Jumlah pendonor saat Ramadan dalam sehari hanya 2-3 orang saja,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini stok darah yang ada di PMI tidak lebih dari sepuluh kantong, itupun darah titipan yang sudah ada pemiliknya, sedangkan untuk stok darah untuk yang lain tidak ada. “Dalam kondisi saat ini (berpuasa) minat untuk mendonor berkurang,” ucapnya.

Untuk mengatasi keengganan mendonor saat pagi hari, PMI menyiapkan pelayanan hingga malam hari. Sementara untuk agenda donor darah massal di bulan ramadan juga berkurang drastis.

SAMPIT – Persediaan darah selama bulan suci Ramadan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kosong. Bukan sekali dua kali, kejadian ini terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News