Kibarkan Dua Bendera, Dikecam

Kibarkan Dua Bendera, Dikecam
Foto: www.photorun.net
LONDON - Mengibarkan bendera dalam selebrasi kemenangan sah-sah saja dilakukan. Tapi, apa jadinya jika yang dikibarkan itu bendera dari dua negara kontestan Olimpiade berbeda? Bukan pujian yang didapat, melainkan kritikan tajam. Itulah yang didapatkan pelari jarak jauh AS Leo Manzano.

Dalam babak final nomor 1500 meter putra di Olympic Stadium, Kamis kemarin (10/8), Manzano meraih medali perak. Dia menjadi atlet Amerika pertama yang memenangi medali di nomor ini sejak tahun 1968. Makanya, Manzano langsung mengekspresikan kegembiraannya dengan membawa bendera dua negara, AS dan Mexico.

Mengapa Manzano lantas nekat untuk mengibarkan bendera Mexico mendampingi bendera kebangsaan negaranya? Usut punya usut, ternyata dia merupakan pelari berkewarganegaraan AS tapi kelahiran Mexico. Dia dibawa ke AS oleh orang tuanya sejak berusia 4 tahun.

"AS adalah negaraku, dan aku bangga bisa mempersembahkan medali ini. Aku mencintai negaraku, tapi aku tidak akan pernah lupa bahwa akar keturunanku adalah Mexico. Makanya aku membawa dua bendera ini," ujar atlet berusia 28 tahun itu kepada Efe.

LONDON - Mengibarkan bendera dalam selebrasi kemenangan sah-sah saja dilakukan. Tapi, apa jadinya jika yang dikibarkan itu bendera dari dua negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News