Antrean Haji Menunggu 15 Tahun

Jumlah Pengantre Tembus 1,7 Juta Orang

Antrean Haji Menunggu 15 Tahun
Antrean Haji Menunggu 15 Tahun
JAKARTA - Antusiasme umat Islam Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sungguh luar biasa. Karena kuota yang terbatas, alhasil mereka harus mengantre. Nah, dari tahun ke tahun, antrean itu semakin panjang.

     

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, lama antrean bisa mencapai 15 tahun. Hal itu terjadi di Sulawesi Selatan. Pemerintah tidak bisa berbuat banyak karena upaya untuk memangkas antrean itu bergantung pada kuota haji yang diberikan oleh pihak Arab Saudi."Persoalan panjangnya antrean haji tidak terlepas dari faktor supply and demand," kata Suryadharma di kantor Kemenko Kesra, Selasa (14/8).

     

Menteri yang akrab disapa SDA itu mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir kuota haji Indonesia tidak berubah. Yakni, 211 ribu jamaah per tahun. Kuota tersebut dipecah menjadi dua. Yaitu, 194 ribu untuk jamaah haji reguler dan 17.000 jamaah haji khusus.

SDA menjelaskan, antrean haji bakal semakin panjang karena tingginya antusiasme muslim Indonesia untuk menunaikan salah satu rukun Islam itu. Di sejumlah wilayah, setoran awal mendaftar haji sebesar Rp 25 juta masih dianggap ringan. Hal itu membuat banyak masyarakat bersemangat mendaftar haji.

JAKARTA - Antusiasme umat Islam Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sungguh luar biasa. Karena kuota yang terbatas, alhasil mereka harus mengantre.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News