India Segera Kirim Misi Pengorbit Mars

India Segera Kirim Misi Pengorbit Mars
India Segera Kirim Misi Pengorbit Mars
NEW DELHI - India berencana mengirimkan misi luar angkasa yang akan mengorbit planet Mars. Perdana Menteri India, Manmohan Singh menyatakan, misi luar angkasa untuk meneliti Mars itu akan dilakukan akhir tahun ini.

Proyek tersebut akan menjadi tonggak sejarah baru bagi program luar angkasa India yang ambisius, setelah 3 tahun lalu berhasil mengirimkan pesawat mereka mengorbit bulan. Tidak hanya itu, India menargetkan pada 2016 nanti bisa mengirim misi luar angkasa berawak.

“Pesawat luar angkasa kami akan mendekati Mars dan mengumpulkan informasi ilmiah penting,” kata Singh dalam pidato menyambut hari kemerdekaan negara tersebut, Rabu (15/8). “Rencana ini merupakan langkah besar bagi dalam hal teknologi dan sains,” imbuhnya, sebagaimana dikutip AFP.

Awal bulan ini kantor berita Press Trust of India melaporkan, Organisiasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) berencana meluncurkan misi pengorbit tanpa awak tersebut pada November tahun ini. Menurut salah satu pejabat ISRO, biaya yang harus dikeluarkan untuk meluncurkan misi itu mencapai angka 5 miliar Rupee (Rp854 miliar).

 

NEW DELHI - India berencana mengirimkan misi luar angkasa yang akan mengorbit planet Mars. Perdana Menteri India, Manmohan Singh menyatakan, misi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News