Raih Emas Olimpiade, Atlet Lari Uganda Dianggap Pahlawan

Raih Emas Olimpiade, Atlet Lari Uganda Dianggap Pahlawan
Stephen Kiprotich. Foto: Getty Images
UGANDA - Stephen Kiprotich (23), seorang sipir penjara di Uganda mendadak diperlakukan seperti raja dan dielukan sebagai pahlawan di negaranya. Pasalnya, Kiprotich merupakan orang Uganda pertama dalam 40 tahun terakhir yang sukses meraih medali emas olimpiade.

 

Kiprotich menjuarai cabang lari marathon di Olimpiade London 2012. Kembali ke ibukota Uganda, Kampala dari London, Rabu (14/8), Stephen disambut dengan tarian dan lagu-lagu tradisional negara Afrika Timur tersebut. Ratusan warga Uganda pun menyambut kedatangannya di bandara.

 

Bagi Uganda yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia, meraih penghargaan tertinggi di ajang internasional berpengaruh besar terhadap nasionalisme warganya. Dari berbagai komentar masyarakat Uganda yang menyambutnya, Kiprotich telah diisyaratkan sebagai pahlawan dan diharapkan menjadi panutan anak muda Uganda.

 

"Kami sekarang punya panutan dan anak-anak kami akan mengenalnya sebagai pahlawan," ujar Robert Kabushenga, salah satu warga yang menyambut kedatangan Kiprotich di bandara.

 

UGANDA - Stephen Kiprotich (23), seorang sipir penjara di Uganda mendadak diperlakukan seperti raja dan dielukan sebagai pahlawan di negaranya. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News