Perluasan Akses Pendidikan Belum Disertai Peningkatan Kualitas

Perluasan Akses Pendidikan Belum Disertai Peningkatan Kualitas
Perluasan Akses Pendidikan Belum Disertai Peningkatan Kualitas
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan bertujuan untuk mengurangi hambatan terhadap akses pendidikan telah ditetapkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut di antaranya bantuan operasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sekolah, dan perguruan tinggi negeri, bantuan siswa miskin, beasiswa Bidik Misi, pendirian sekolah atau perguruan tinggi di daerah khusus.

Nuh mengakui kebijakan ini telah mampu  memperluas akses ke dunia pendidikan dan melahirkan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi. Namun, luasnya akses tersebut belum disertai dengan peningkatan kualitas melalui pemenuhan dan peningkatan standar nasional pendidikan.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh insan pendidikan, pemerintah daerah, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan untuk bersama-sama dan terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan," terang Nuh  dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Republik Indonesia, di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (17/8).

Mendikbud mengatakan, sejalan dengan peningkatan kualitas pendidikan, ada hal-hal yang sangat mendesak untuk ditanamkan dan diperkuat melalui dunia pendidikan dan kebudayaan. Terutama dilakukan melalui penguatan kultur (budaya) sekolah dan kampus untuk membangun karakter.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan bertujuan untuk mengurangi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News