Kemendikbud Genjot Bangun Politeknik

Kemendikbud Genjot Bangun Politeknik
Kemendikbud Genjot Bangun Politeknik
JAKARTA - Penghentian sementara atau moratorium pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) sejatinya baru akan berakhir pada 2014. Namun, kebijakan tersebut bersifat longgar. Buktinya, tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana membangun politeknik negeri baru di sejumlah wilayah. Salah satunya di Jawa Timur (Jatim).

Ada tiga politeknik negeri yang akan dibangun di Jatim. Selain itu, Kemendikbud akan mendirikan sejumlah akademi komunitas. Akademi tersebut adalah perguruan tinggi yang mencetak mahasiswa setingkat D-I dan D-II dari lulusan SMK (sekolah menengah kejuruan). Bakal ada akademi komunitas di setiap kabupaten.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, politeknik negeri baru di Jatim akan dibangun di Banyuwangi, Madiun, dan Madura. Sementara itu, akademi komunitas bakal didirikan di Pacitan.

Pendirian sejumlah PTN itu mulai dikebut pada 2013. Djoko mengatakan, setelah pengesahan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti), pendirian PTN baru cukup ketat. Kampus-kampus baru harus mengantongi standar minimal perguruan tinggi yang ditetapkan Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP).

JAKARTA - Penghentian sementara atau moratorium pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) sejatinya baru akan berakhir pada 2014. Namun, kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News