Kemendikbud Tunggu Evaluasi dan Rekomendasi Konsil Kedokteran

Kemendikbud Tunggu Evaluasi dan Rekomendasi Konsil Kedokteran
Kemendikbud Tunggu Evaluasi dan Rekomendasi Konsil Kedokteran
JAKARTA - Pembenahan kualitas Fakultas Kedokteran (FK) masih berjalan lambat. Ini terbukti dengan status moratorium pendidikan FK baru yang belum dicabut hingga sekarang. Jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih menunggu rekomendasi dari konsil kedokteran untuk menyudahi kebijakan ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso kemarin (22/8) menuturkan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda kebijakan moratorium atau penghentian sementara pendirian FK akan dicabut. "Kita juga melakukan evaluasi, sambil menunggu juga rekomendasi dari konsil kedokteran," kata dia.

Penerapan kebijakan moratorium pendidikan FK baru ini sendiri dijalankan sejak 2010 lalu. Saat itu, sudah banyak usulan pendirian FK baru yang antre untuk disahkan Kemendikbud. Karena saat ini hasil evaluasi antara Kemendikbud dan konsil kedokteran mengatakan kualitas FK yang ada perlu dibenahi, maka diputuskanlan kebijakan moratorium.

Dari sekitar 70 FK yang sudah ada saat ini, kualitasnya digenjot. Diantaranya soal akreditasi. Kemendikbud berharap sejumlah FK itu mengantongi akreditasi A. "Sekarang FK yang baik, yang telah terakreditasi A itu belum banyak," tutur Djoko. Dia berharap dalam waktu dekat akreditasi FK bisa merangkak naik.

JAKARTA - Pembenahan kualitas Fakultas Kedokteran (FK) masih berjalan lambat. Ini terbukti dengan status moratorium pendidikan FK baru yang belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News