Jumat, 29 Agustus 2014 | 10:30:00
Home / Berita Daerah / Jateng / Tiket Bus Tegal-Jakarta Tembus Rp 130 Ribu

Jumat, 24 Agustus 2012 , 09:35:00

BERITA TERKAIT

TEGAL -Musim arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini harga satu lembar tiket bus cukup mencengangkan, yakni mencapai Rp 130 ribu. Apabila dibandingkan dengan harga pada hari-hari biasa ada kenaikan sekitar 3 kali lipatnya.

Namun demikian, para calon penumpang tetap memburunya di sejumlah agen-agen bus. Terbukti hingga H+7 atau Senin (27/8) tiket telah habis dipesan oleh para pemudik yang akan kembali ke kota tujuan masing-masing.

Kepala Operasional Agen Sinar Jaya Eksekutif Pacific Tegal, Nurfaizin (40) mengatakan, tiket yang dibeli melalui pesanan sudah terjual hingga H+7 mendatang. Namun demikian, bagi calon penumpang tidak perlu kuatir. Sebab Agen Sinar Jaya Pacific menyediakan bus tambahan setiap harinya.

"Pesanan bus sudah dibuka sejak 1 Agustus lalu. Sampai dengan H+7 sudah full semua. Sedang untuk bus tambahan, tiket dibeli langsung di loket penjualan," katanya saat ditemui di tempat kerjanya Kamis (23/8).

Disebutkan, untuk bus tambahan ada dua unit. Masing-masing diberangkatkan pagi pukul 08.30 dan malamnya pukul 20.00 dari agen Pacific. Bus tambahan tersebut kelas eksekutif dan bisnis AC. Dengan adanya bus tambahan tersebut, maka sehari ada 10 bus yang diberangkatkan untuk melayani pemudik.

Berkaitan dengan tarif, Faizin menguraikan, pada Lebaran tahun ini tiket dijual dengan harga Rp 130 per lembar untuk bus eksekutif. Sedangkan kelas AC Bisnisnya dibandrol Rp 90 ribu per penumpang.

"Harga tersebut tanpa tuslah, tetapi dengan tarif batas atas. Untuk hari-hari biasa menggunakan tarif batas bawah yakni Rp 50 ribu jurusan Tegal-Jakarta."

Lebih jauh disampaikan, kendati tiket pesanan sudah habis hingga H+7 mendatang, namun jika dibandingkan dengan kondisi Lebaran 2011 lalu cenderung mengalami penurunan. Sebab pada Lebaran tahun lalu, pemesanan tiket rame atau full hingga H+15.

Hal sama disampaikan Manager Agen PO Dewi Sri KS Tubun, Ida (42). Dia menuturkan, harga tiket armadanya yang kelas ekonomi dijual seharga Rp 70 ribu perlembar. Sedangkan yang ber-AC dibandrol Rp 100 ribu per penumpang.

"Ini yang saya jual di agen. Dari informasi Agen Dewi Sri yang di Terminal Slawei, tiket eksekutif dijual Rp 130 ribu, AC bisnis Rp 110 ribu dan ekonominya Rp 65 ribu. Namun demikian kondisi disana cenderung masih sepi pemesanan," katanya.

Dijelaskan, harga-harga tadi naik sekitar 3 kali lipad dibanding hari biasa. Untuk hari biasa bus eksekutif tiketnya Rp 50 ribu dan non AC Rp 35 ribu, serta AC Bisnis Rp 40 ribu.

Pada Lebaran tahun ini agennya menyiapkan 3 bus per hari. Dengan pemberangkatan pagi 1 unit pukul 08.00, malam 2 unit pukul 20.30 dan 21.00.

Sementara itu, seorang calon penumpang Sinar Jaya, Sunarto (50) menguraikan, harga tiket memang cukup tinggi dibanding hari biasa. Namun dia tetap harus membeli, karena apabila tidak maka akan terlambat kembali ke kota tujuan usai mudik Lebaran kemarin. "Mahal tidak masalah. Yang penting saya bisa ke Jakarta dan tidak terlambat berangkat kerja," ujar pria setengah baya warga Mejasem Kabupaten Tegal tersebut. (adi)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        10:36
        nice penalty removal
        WWx2II A round of applause for your blog article.Thanks Again. Much obliged. From mobile
      2. 06.04.2014,
        18:42
        check this out now
        xpNCjA Wow, great article post.Really thank you! Awesome. From mobile