Konsumsi Premium Tembus 85 Ribu KL

Stok BBM Lebaran Aman

Konsumsi Premium Tembus 85 Ribu KL
Konsumsi Premium Tembus 85 Ribu KL
JAKARTA - Banyaknya pemudik yang menggunaan kendaraan pribadi membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium sepanjang periode Lebaran ini melonjak.

VP Komunikasi PT Pertamina Ali Mundakir mengatakan, konsumsi Premium sudah merangkak naik mulai H-13 sebelum Lebaran. "Hingga H+3 Rabu lalu (22/8), rata-rata konsumsi Premium secara nasional sudah menembus angka 85 ribu kiloliter (kl) per hari," ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (25/8).

Menurut Ali, konsumsi tersebut berarti naik sekitar 10 persen dari rata-rata konsumsi harian Premium secara nasional yang normalnya sekitar 77 ribu kl per hari. "Lonjakan konsumsi paling tinggi terjadi pada H-3 di sepanjang jalur mudik, terutama di Pantura," katanya.

Ali menyebut, dari total konsumsi Premium nasional tersebut, sekitar 60 persennya terkonsentrasi di wilayah Jawa. Namun, untuk Jawa sendiri, pola konsumsinya berubah. Jika biasanya wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Bekasi (Jabodetabek) mengonsumsi hampir 20 persen dari total konsumsi nasional, maka periode Lebaran ini turun signifikan. Sebaliknya, konsumsi BBM di daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur naik signifikan. "Kan banyak yang mudik membawa kendaraan ke daerah," jelasnya.

JAKARTA - Banyaknya pemudik yang menggunaan kendaraan pribadi membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium sepanjang periode Lebaran ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News