Kelelahan dan Salah Makan, Picu Penyakit Usai Mudik

Kelelahan dan Salah Makan, Picu Penyakit Usai Mudik
Kelelahan dan Salah Makan, Picu Penyakit Usai Mudik
JAKARTA - Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akan diramaikan oleh para pemudik yang mengalami infeksi saluran nafas atas dan gangguan perut seperti sakit maag yang kambuh dan diare. Sedang Unit Gawat Darurat (UGD) RS-RS besar akan diramaikan oleh pasien sakit berat berupa stroke serta penurunan kesadaran karena gula darah tinggi.

Selain itu, juga pasien-pasien usia lanjut yang mengalami gangguan pernafasan (antara lain pneumonia) dan gangguan jantung (gagal jantung). Ini terjadi karena faktor kelelahan dan konsumsi makanan yang berlebihan.

Demikian dikatakan  Dr.dr. H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, FACP dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM Jakarta, kepada wartawan di Jakarta, kemarin (26/8).

"Kita akan mendengar kerabat yang mengalami stroke atau masuk RS karena kelelahan. Semua ini bisa kita sebut penyakit pascalebaran," ujar Ari Fahrial Syam.

JAKARTA - Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akan diramaikan oleh para pemudik yang mengalami infeksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News