Pemerintah Akui Kualitas Program Wajar 9 Tahun Masih Rendah

Pemerintah Akui Kualitas Program Wajar 9 Tahun Masih Rendah
Pemerintah Akui Kualitas Program Wajar 9 Tahun Masih Rendah
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menungkapkan, program wajib belajar (wajar) 9 tahun belum baik secara kualitas meski secara kuantitas angka partisipasi kasar (APK) sudah cukup baik dan memadai. Saat ini, APK untuk SD dan SMP sudah di atas 90 persen.

"Kami memangkui memang pendidikan wajar sembilan tahun saat ini belum berkualitas. Bahkan, masih merujuk pada sisi kuantitatifnya saja," ungkap Pelaksana Tugas (Plt), Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud, Suyanto di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (27/8).

Dengan kondisi tersebut, mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menyadari bahwa pemerintah  masih harus bekerja keras lagi untuk merampungkan wajar 9 tahun secara menyeluruh. Sebab, hingga saat ini masih ada beberapa daerah dengan APK di bawah 90 persen.

"Selain itu,  tidak sedikit daerah yang pendidikan dasarnya masih terbengkalai. Ini yang harus ditangani pemerintah ke depannya," tandas Suyanto.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menungkapkan, program wajib belajar (wajar) 9 tahun belum baik secara kualitas meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News