Ditemukan Planet Mengorbit Sepasang Bintang

Ditemukan Planet Mengorbit Sepasang Bintang
Ditemukan Planet Mengorbit Sepasang Bintang
SAN DIEGO - Para astronom untuk pertama kalinya berhasil menemukan dua planet asing berputar sekitar sepasang bintang. Ini seperti sebuah sistem surya lengkap dengan matahari kembar layaknya gambaran Tatooine dunia fiksi Luke Skywalker rumah.

Seperti diketahui sebagian besar bintang seperti matahari kita tidak sendirian, melainkan berpasangan yang mengorbit satu sama lain dengan planetnya. Nah, kali ini para ilmuwan telah menemukan planet dalam sistem biner, yang disebut planet circumbinary dengan dua matahari seperti Tatooine di alam semesta "Star Wars".

Untuk menemukan planet lebih circumbinary, astronom menganalisis data dari teleskop Kepler NASA. Sejauh ini Keppler telah mendeteksi lebih dari 2.300 planet dan bintang asing potensial sejak diluncurkan Maret  2009. Tercatat ada empat sistem dengan planet circumbinary - Kepler-16, 34, 35 dan 38 yang berhasil diungkap hingga kini.

Dijelaskan pada laman space.com, sistem Kepler-47 merupakan gambaran dari sistem beberapa planet yang melingkari sepasang bintang. Bintang-bintang dan planet tersebut, yaitu Kepler-47b dan Kepler-47C, berjarak sekitar 5.000 tahun cahaya pada konstelasi Cygnus, Swan."Kepler-47 menunjukkan kepada kita bahwa bintang biner dapat memiliki sistem planet, seperti yang kita lihat di bintang tunggal," kata ketua penulis studi Jerome Orosz di San Diego State University.

SAN DIEGO - Para astronom untuk pertama kalinya berhasil menemukan dua planet asing berputar sekitar sepasang bintang. Ini seperti sebuah sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News