Jatim Siap Impor 4.000 Sapi

Jatim Siap Impor 4.000 Sapi
Jatim Siap Impor 4.000 Sapi
SURABAYA- jatim akan mengimpor sebanyak 4.000 ekor sapi perah untuk memenuhi memacu produksi susu segar. Jumlah tersebut terbagi atas milik peternak, industri pengolahan susu dan pemerintah provinsi melalui dinas peternakan. Sebelumnya, Agustus lalu baru terealisasi 200 ekor yang berasal dari dana mandiri para peternak yang tergabung dalam koperasi.

Kepala Dinas Peternakan Jatim Maskur mengatakan sapi perah impor akan menyusul masuk pada kuartal keempat tahun ini. Saat ini sedang finalisasi proses izin impor. "Diperkirakan akhir Oktober mulai masuk sapi perah impor dari Victoria Australia secara bertahap," katanya Selasa (3/9).

 

Dia menguraikan, dari total jumlah tersebut dinas peternakan memasang target impor sejumlah 400-600 ekor sapi dengan dana Rp 17,5 miliar. Dikatakan, program pengadaan sapi perah tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengandalkan pemberian kredit ringan bagi peternak.

"Nah, kali ini kami tidak hanya memberikan subsidi bunga lewat kredit usaha pembibitan sapi, sehingga peternak hanya menanggung lima persen selama lima tahun. Melainkan, juga menyediakan dana untuk pengadaan sapi impor," urainya.

SURABAYA- jatim akan mengimpor sebanyak 4.000 ekor sapi perah untuk memenuhi memacu produksi susu segar. Jumlah tersebut terbagi atas milik peternak,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News