Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp10 T

Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp10 T
Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp10 T
JAKARTA - Skema baru dalam dunia pendidikan di Indonesia akan mulai bergulir. Ini terkait dengan keberadaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan.

Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo mengatakan, saat ini pemerintah sudah menyiapkan dana hingga Rp 10,61 triliun dalam bentuk Dana Abadi Pendidikan (DAP) yang akan dikelola oleh LPDP. "Dana ini akan digunakan untuk memberikan beasiswa pada jenjang Perguruan Tinggi, baik S1, S2, dan S3," ujarnya saat rapat degan Komisi XI DPR Selasa (4/9).

Inisiatif untuk membentuk lembaga pengelola DAP sebenarnya sudah ada sejak 2009 lalu. Tujuannya untuk melengkapi program beasiswa yang sudah dijalankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Agama (Kemenag).

Karena itu, dana pun sudah mulai dialokasikan pada 2010 sebesar Rp 1 triliun, pada 2011 sebesar Rp 2,6 triliun, dan pada tahun ini pemerintah tinggal menunggu persetujuan DPR untuk alokasi dana sebesar Rp 7 triliun, sehingga total dana mencapai Rp 10,6 triliun.

      

JAKARTA - Skema baru dalam dunia pendidikan di Indonesia akan mulai bergulir. Ini terkait dengan keberadaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News