Prioritas Izin Pinjam Hutan untuk BUMN

Prioritas Izin Pinjam Hutan untuk BUMN
Prioritas Izin Pinjam Hutan untuk BUMN
TUBAN-Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan akan mengedepankan pemberian izin pinjam pakai kawasan hutan untuk kegiatan pertambangan bagi badan usaha milik negara (BUMN). Prioritas untuk perusahaan pelat merah wajar karena manfaatnya dikembalikan bagi kesejahteraan rakyat.

"Kalau pada satu lokasi kawasan hutan ada potensi pemanfaatan sumberdaya alam maka akan saya dahulukan untuk BUMN. Sebab BUMN ini kan milik kita, jadi keuntungannya pasti akan dirasakan juga oleh bangsa Indonesia," kata Zulkifli di Tuban, Jawa Timur Rabu (12/9).

Menhut ke Tuban mengunjungi pabrik PT Semen Gresik menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Perum Perhutani dan Semen Gresik dalam upaya penghijauan. Menhut juga menyerahkan bantuan bantuan 100 ribu pohon mangrove dan cemara laut di Desa Tlogowaru, Merakurak Tuban.

Menurut menteri yang juga politisi PAN ini, pemanfaatan sumberdaya alam oleh BUMN lebih memudahkan kontrol oleh pemerintah dan masyarakat. Apalagi, sejauh ini komitmen perusahaan milik pemerintah mengelola sumberdaya alam secara berkelanjutan juga selalu terbukti. "Opsi pertama adalah BUMN, kalau tidak ada baru swasta nasional. Opsi terakhir adalah swasta nasional yang bermitra dengan asing," ujarnya.

TUBAN-Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan akan mengedepankan pemberian izin pinjam pakai kawasan hutan untuk kegiatan pertambangan bagi badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News