TKI Ditembaki Bukti Lemahnya Diplomasi

TKI Ditembaki Bukti Lemahnya Diplomasi
TKI Ditembaki Bukti Lemahnya Diplomasi
JAKARTA - Tewasnya lima orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dianggap sebagai salah satu bukti bahwa diplomasi Indonesia sangat lemah. Pasalnya, kasus tewasnya TKI di luar negeri khususnya di Malaysia sudah kerap kali terjadi dan tidak pernah ada penyelesaian yang memuaskan.

“Ini bukti bahwa sikap dan diplomasi Indonesia lembek dan lemah. Pemerintah tidak pernah bisa untuk membela nasib warganya sendiri dan justru menilai dugaan kriminalisasi yang diungkapkan Kepolisian Diraja Malaysia seakan-akan menjadi pembenaran,” ungkap anggota Komisi IX DPR Risqi Sadiq di Jakarta, Jumat (14/9).

Risqi mengatakan, kinerja Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) hingga saat ini juga tak memberikan kepuasan bagi masyarakat. Sebab, kementrian yang dipimpin Marty Natalegawa itu hanya menggunakan bahasa yang normatif dan menyerah dengan keadaan.

“Artinya, ini bukti kita lemah. Sehingga jangan heran kalau kita kerap direndahkan dengan negara lain khususnya dalam amsalah perlindungan WNI di luar negeri,” tandasnya.

JAKARTA - Tewasnya lima orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dianggap sebagai salah satu bukti bahwa diplomasi Indonesia sangat lemah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News