Ilmuwan Bangun Kamera Pemburu Dark Energy

Ilmuwan Bangun Kamera Pemburu Dark Energy
Ilmuwan Bangun Kamera Pemburu Dark Energy
FLORIDA - Astronom menyiapkan kamera beresolusi tinggi untuk memindai sekitar 300 juta galaksi dalam lima tahun mendatang. Kamera ini bakal digunakan untuk mencari benda misterius di langit, seperti dark energy dan keberadaan lubang hitam.

Saking tinggi resolusi yang digunakan, para ilmuwan mengklaim kamera tersebut sebagai kamera dengan resolusi tertinggi di dunia yang pernah dibuat. Dark Energy Camera atau DECam berkemampuan sekitar 570 juta pixel. Sementara kamera-kamera umum biasanya hanya 10 sampai 12 megapixel.

Menurut laman BBC,  DECam akan melakukan perburuan untuk menemukan sifat energi gelap, yang menurut teori ilmuwan, bertanggung jawab atas ekspansi alam semesta. Pada awal September ini, kamera tersebut difokuskan pada gugus galaksi Fornax.

Kegiatan survei hasil kolaborasi antara astronom AS, Inggris, Brasil, Spanyol dan Jerman ini bakal mempelajari kluster-kluster galaksi. DECam dipasang pada teleskop M 4m Victor Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory di  padang pasir Atacama Chili.

FLORIDA - Astronom menyiapkan kamera beresolusi tinggi untuk memindai sekitar 300 juta galaksi dalam lima tahun mendatang. Kamera ini bakal digunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News