Sabtu, 26 Juli 2014 | 16:07:15
Home / Nasional / Tokoh / Patung Bung Karno Lengkapi Koleksi Madame Tussauds

Senin, 24 September 2012 , 18:18:00

Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri berdiri di samping patung lilin Bung Karno yang menjadi koleksi Museum Madame Tussauds, Bangkok, Thailand.

Foto : Humas DPP PDIP for JPNN
Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri berdiri di samping patung lilin Bung Karno yang menjadi koleksi Museum Madame Tussauds, Bangkok, Thailand. Foto : Humas DPP PDIP for JPNN
BERITA TERKAIT

JAKARTA - Nama Proklamator RI, Soekarno, masih tetap dianggap sebagai sosok yang berpengaruh di dunia internasional. Sampai-sampai Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand mengabadikan sosok Soekarno dalam sebuah patung lilin.

Peluncuran patung lilin Soekarno itu dilakukan di Bangkok, Senin (24/9) dan dihadiri oleh dua putrinya, yakni Megawati Soekarnoputri dan Sukmawati Soekarnoputri. "Ibu (Megawati) hadir atas undangan pihak Museum dan Thailand Authority Tourism," ucap Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto melalui layanan BlackBerry Messenger dari Bangkok, hari ini.

Menurut Hasto, peresmian dilakukan tepat pukul 14.00 waktu setempat. Dirincikannya, patung lilin Bung Karno itu dibuat sedetil dan sepersis mungkin dengan sosok pendiri bangsa Indonesia itu. Pihak Madame Tussauds, lanjut Hasto, melakukan penelitian yang sangat mendalam tentang sosok Bung Karno sebelum membuat patungnya.

"Baik berdasarkan data yang dikumpulkan pada saat Bung Karno di Uni Soviet, di Amerika Serikat, maupun pada saat kunjungan ke PBB. Di luar itu ada sumber informasi yang diberikan keluarga besar Soekarno. Melalui penelitian yang mendalam akhirnya dapat diketahui data fisik Bung Karno, hingga warna kulit dan gambaran detail lainnya," beber Hasto.

Karenanya figur yang ditampilkan dalam patung lilin itu adalah gambaran sosok Bung Karno saat menyampaikan pidato berjudul To Build A World a New pada 30 September 1960 di depan Sidang Umum PBB. Patung itu dilengkapi dengan tongkat kebesaran Bung Karno berbahan kayu rampung yang didisain putra Megawati, Prananda Prabowo.

"Peci yang menjadi ciri khas Bung Karno secara khusus dipesankan oleh Puti Guntur Soekarno  di Bandung, di  penjahit khusus yang berdasarkan kesejarahan yang ada, menjadi tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno. Sedangkan Pakaian Bung Karno didisain  oleh Samuel Wattimena," ucap Hasto.

Menurut Hasto, Megawati juga diberi kesempatan menyampaikan pidato pada peluncuran patung lilin Soekarno tersebut. Mengutip pidato Megawati, Hasto mengatakan, diharapkan banyak orang berkunjung ke Museum Madame Tussauds untuk lebih mengenal Soekarno.

"Bukan hanya untuk melihat patung Bung Karno, tetap juga terinspirasi dengan kebijakan dan visi beliau terutama dalam mengembangkan dunia baru di mana perdamaian dan keadilan di atas segalanya," kata Hasto mengutip pidato Megawati yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.(ara/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 24.09.2012,
        21:32
        made tirta adnyana
        Fantastis krn saya cinta soekarno From mobile