Pemikiran Gus Dur Dinilai Masih Sangat Relevan

Pemikiran Gus Dur Dinilai Masih Sangat Relevan
KH Mustofa Bisri saat memberikan tausiyah pada acara Tahlil Akbar dan peringatan 1000 hari wafatnya Gus Dur, Kamis (27/9) malam di Ciganjur, Jakarta Selatan. Foto : Arundono W/JPNN
JAKARTA - Pemikiran KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) khususnya tentang pluralisme, hingga saat ini masih sangat relevan. Apalagi dalam kehidupan keagamaan terkini, prasangka terhadap sesama umat beragama dan juga antar-umat beragama masih saja ada.  

Penegasan itu dikemukakan KH Quraish Shihab saat memberikan tausyiah malam Tahlil Akbar dan peringatan 1000 hari wafatnya Gus Dur, kompleks pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (27/9) malam.  Di acara yang dihadiri ribuan warga nahdliyin itu Quraish mengatakan, pemikiran pluralis Gus Dur yang sangat menghargai perbedaan, membela kaum minoritas, dan kedekatannya dengan beragam tokoh agama lain, sering disalahartikan oleh sebagian umat Islam. Padahal setelah Gus Dur tiada, banyak orang akhirnya mengakui kebenaran dan kehebatan toleransi yang ditunjukkan Gus Dur.  

Bahkan masih menurut Quraish, pluralisme yang diperjuangkan Gus Dur lahir dari pemikiran jernih, kepedulian, dan juga berdasar pada Alquran dan hadist. "Perintah membantu umat lain seperti membantu pembangunan gereja, juga ada dalam perintah Nabi Muhammad sebagai bukti sikap Nabi dalam menghormati dan toleransi," kata Quraish.

Dengan demikian, imbuh ketua Ikatan Alumi Al Azhar Mesir itu, pemikiran Gus Dur harus terus disosialisasikan dan dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

JAKARTA - Pemikiran KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) khususnya tentang pluralisme, hingga saat ini masih sangat relevan. Apalagi dalam kehidupan keagamaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News