Menhut Tak Mau Tol Kaltim Lintasi Bukit Soeharto

Menhut Tak Mau Tol Kaltim Lintasi Bukit Soeharto
Menhut Tak Mau Tol Kaltim Lintasi Bukit Soeharto
JAKARTA - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pihaknya tetap tak setuju jika pembangunan freeway Balikpapan-Samarinda sepanjang 24 km membelah taman hutan raya (tahura) Bukit Soeharto. Zulkifli tak mau proyek itu akan merusak keseluruhan ekosistem tahura.

"Hasil kajian kita jangan masuk zona inti (tak boleh lewat tahura). Oleh karena itu, kita minta lewat pinggir. Kalau tengah pasti rusak semua," kata Zulkifli Hasan selepas menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komite II DPD RI di gedung parlemen, Senin (1/10).

Menurut Zulkifli, Kemenhut sudah beberapa kali menjelaskan hal ini ke pemerintah daerah. Opsi melingkar, lanjut dia, adalah cara terakhir setelah mempertimbangkan kepentingan kelestarian lingkungan hidup dan desakan masyarakat Kaltim yang ingin memiliki akses jalan lebih cepat antara Balikpapan-Samarinda."Kita nggak bisa menutup semua akses, tapi lingkungan juga perlu," tegasnya.

Lalu bagaimana jika jalur yang direkomendasikan Kemenhut tersebut penuh dengan pipa migas? "Jangan lewat dong," jawabnya cepat.

JAKARTA - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pihaknya tetap tak setuju jika pembangunan freeway Balikpapan-Samarinda sepanjang 24

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News