141 Ibu Meninggal saat Lahiran

141 Ibu Meninggal saat Lahiran
141 Ibu Meninggal saat Lahiran
CIAMIS – Sejak Januari – September 2012, sebanyak 141 ibu di Kabupaten Ciamis meninggal dunia saat melahirkan tanpa bantuan tenaga ahli kesehatan. Sedangkan jumlah bayi meninggal dunia karena kekurangan imunisasi sebanyak 14 orang.

Jumlah tersebut tidak mencapai ke angka ketentuan yaitu 25 kasus kematian bayi dan 298 kasus kematian ibu melahirkan. “Jelas sudah ada keberhasilan karena angka kematian sudah menurun,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis Aat Gustiawati , seperti diberitakan Radar Tasikmalaya (Grup JPNN).

Aat menerangkan penurunan ini terjadi karena sosialisasi mengenai anak harus diimunisasi dasar lengkap dan ibu melakukan persalinan dengan bantuan alhi medis terus digembar-gemborkan. Dia berharap setelah pelatihan, tenaga medis di desa-desa menyosialisasikan pentingnya imunisasi.

Staf Bagian Promosi Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Muhani SKM MKes berharap setelah ada pelatihan kepada tenaga medis, khususnya di daerah-daerah, tidak ada lagi anak yang tidak diimunisasi. “Terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai imunisasi dan melahirkan harus ke tenaga medis,” tutur dia.

CIAMIS – Sejak Januari – September 2012, sebanyak 141 ibu di Kabupaten Ciamis meninggal dunia saat melahirkan tanpa bantuan tenaga ahli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News