PPP Tak Risaukan Hasil Survei

PPP Tak Risaukan Hasil Survei
PPP Tak Risaukan Hasil Survei
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, menegaskan bahwa hasil survei saatini tak bisa digunakan untuk memrediksikan perolehan suara partai politik pada Pemilu 2014 nanti. Alasannya, karena belum ada kejelasan tentang jumlah parpol yang akan ikut Pemilu 2014.

"Parpol yang lolos verifikasi dan menjadi peserta pemilu saja belum ketahuan, apalagi yang dapat dukungan," kata Romahurmuzy menanggapi hasil survei Lingkaran Indonesia bertajuk "Makin Suramnya Partai dan Capres Islam di Pemilu 2014" yang dirilis, Minggu (14/10). Dalam survei itu diketahui bahwa popularitas semua partai Islam seperti PKS, PPP, PAN dan PKB ada di bawah angka lima persen.

Lbih lanjut Romi -sapaan Romahurmuziy- menjelaskan, survei itu ibarat termometer yang hanya bisa memerediksi perolehan pada saat sampling digelar. Survei bahkan bisa invalid dalam sepekan ketika ada faktor lain berperan dalam pemilu. "Sebagaimana tampak dalam kesalahan berjamaah seluruh surveyor pada pilkada DKI putaran pertama," ujarnya.

Ditambahkannya, ada empat faktor yang memengaruhi perolehan suara parpol. Yakni figur yang berkarakter, struktur atau jaringan yang mengakar, manuver yang massif, serta logistik yang memadai.

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, menegaskan bahwa hasil survei saatini tak bisa digunakan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News