Pemerintah Tetapkan Idul Adha 26 Oktober

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 26 Oktober
Pemerintah Tetapkan Idul Adha 26 Oktober
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) tadi malam menggelar sidang isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1433 H. Hasilnya diputuskann bahwa 1 Djulhijjah jatuh pada Rabu (17/10) besok. Dengan demikian, Idul Adha (10 Djulhijjah) ditetapkan jatuh pada Jumat 26 Oktober.

Sidang isbat kali ini dipimpin oleh Wakil Menag Nasarudin Umar. Penetapan 1Djulhijjah jatuh pada Rabu besok diutarakan oleh anggota Badan Hisab dan Rukyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Dia mengatakan penetapan ini diambil karena dari hasil pemantauan hilal pada Senin (15/10). Cecep mengatakan, di seluruh wilayah Indonesia posisi hilal berkisar antara -4,1 derajat hingaa -2,4 derajat. Tanda minus tadi menunjukkan jika hilal saat dipantau kemarin masih di bawah ufuk.

"Dengan demikian, hasil pemantauan kemarin hilal tidak wujud," katanya. Karena saat dipantau tadi malam hilal tidak tampak, maka umur bulan Djulqa"dah digenapkan menjadi 30 hari. Cecep mengatakan bahwa kemarin adalah tanggal 29 Djulqa"dah.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) tadi malam menggelar sidang isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1433 H. Hasilnya diputuskann bahwa 1 Djulhijjah jatuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News