Jamaah Bergeser ke Makkah, Mina Kembali Melompong

Seluruh Jamaah Sakit Diboyong Lagi ke Makkah

Jamaah Bergeser ke Makkah, Mina Kembali Melompong
Jamaah Bergeser ke Makkah, Mina Kembali Melompong
JAKARTA - Rangkaian ritual haji di Mina sudah tuntas kemarin (29/10). Secara berangsung kawasan yang berjarak sekitar 7 km dari kota Makkah itupun kosong. Prosesi selanjutnya jamaah haji mulai menjalankan tawaf ifadah dan tawaf wada di masjidilharam.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Bahrul Hayat tadi malam mengatakan, hampir bisa dipastikan seluruh jamaah haji sudah tidak ada lagi yang berada di Mina. "Termasuk yang sakit, sudah diboyong ke BPIH (Balai Pengobatan Haji Indonesia, red) Makkah," kata dia.

Selain itu, Bahrul menjelaskan jika para jamaah juga hampir menuntaskan proses tawaf ifadah. Dia mengatakan seluruh rangkaian haji di Mina berjalan dengan tertib. Termasuk ketika jamaah haji berdesak-desakan melempar jumrah aqobah, ula, dan wusto.

Bahrul lantas menjelaskan,  hingga pukul 10.00 waktu Arab Saudi kemarin (15.00 WIB) jumlah jamaah haji Indonesia yang meninggal di Arab Saudi mencapai 162 o rang. Rinciannya adalah meninggal di Makkah 114 orang, di Padang Arafah 7 orang, di Mina 21 orang, di Madinah 10 orang, dan di Jeddah 2 orang. Jumlah ini bertambah karena jamaah haji gelombang II masih memiliki tanggungan untuk beribadah di Madinah selama beberapa hari.

JAKARTA - Rangkaian ritual haji di Mina sudah tuntas kemarin (29/10). Secara berangsung kawasan yang berjarak sekitar 7 km dari kota Makkah itupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News