BNPP Inventarisir Kekayaan Alam di Perbatasan dengan Malaysia

BNPP Inventarisir Kekayaan Alam di Perbatasan dengan Malaysia
BNPP Inventarisir Kekayaan Alam di Perbatasan dengan Malaysia
JAKARTA - Sejumlah daerah di Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia ternyata menyimpan berbagai kekayaan alam  yang sangat luarbiasa. Menurut catatan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kandungan alamnya kaya akan batubara, emas barang tambang lainnya.

"Misalnya seperti di Kecamatan Kayan Hilir, Kayan Hulu, Long Pujungan dan Lumbis, di sana terdapat potensi sumberdaya emas. Itu merupakan daerah-daerah di Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia," ungkap Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Lintas Batas Negara BNPP, Soni Sumarsono  di Jakarta, Selasa (30/10).

Selain di Kalimantan Timur, kandungan emas maupun batubara dalam jumlah besar juga terdapat di sepanjang garis perbatasan Kalimantan Barat. Belum lagi potensi kekayaan alam dari hutan yang luasnya mencapai 80 ribu hektar.

Menurut Soni, jika kekayaan alam itu bisa dimanfaatkan maka tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia bisa beranjak membaik. "Jadi jika ini dikelola dengan baik dan benar, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat di perbatasan, dapat segera tercapai," katanya.

JAKARTA - Sejumlah daerah di Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia ternyata menyimpan berbagai kekayaan alam  yang sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News