Petani Kopi Keluhkan Buah Rontok

Petani Kopi Keluhkan Buah Rontok
Petani Kopi Keluhkan Buah Rontok
REDELONG--Petani kopi di bawah kaki gunung berapi Burni Telong, Bener Meriah, resah. Betapa tidak, soalnya buah kopi yang masih hijau tiba-tiba rontok sendiri sebelum panen. Bahkan, kejadian ini baru pertama kali terjadi sepanjang tahun.

"Kami binggung, soalnya beberapa hari ini buah kopi yang masih hijau rontok dengan sendiri jika batang kopi digoyang. Dan ini baru pertama kali terjadi di Kecamatan Bener Kelipah dan Bandar,"ungkap Firdaus, salah seorang petani kopi di Kampung Teleden, kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Selasa (30/10).

Petani resah, kata Firdaus, karena takut akan menular atau perlahan-lahan semua buah kopi akan rontok jika tidak segera diatasi.”Kami sendiri tidak tahu kenapa buah kopi yang masih hijau rontok sendiri sebelum panen,”pungkasnya seraya menambahkan tidak semua batang kopi buahnya rontok, namun hanya beberapa saja.

Pria ini juga mengungkapkan, wajar saja para petani resah, sebab 90 persen masyarakat di Dataran Tinggi Gayo bergantung hidup dari hasil kopi untuk keluarganya. Terkait dengan keluhan petani, Kepala Bidang Perkebunan dan Kehutanan Badan Penyuluhan Tanaman Pangan Bener Meriah, Yusra kepada Rakyat Aceh mengatakan, telah mendapat laporan dari petani tentang rontoknya buah kopi hijau tersebut. Namun, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan penyebabnya.

REDELONG--Petani kopi di bawah kaki gunung berapi Burni Telong, Bener Meriah, resah. Betapa tidak, soalnya buah kopi yang masih hijau tiba-tiba rontok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News