Mendagri Ancam Bawasda Kolaborator Koruptor

Mendagri Ancam Bawasda Kolaborator Koruptor
Mendagri Ancam Bawasda Kolaborator Koruptor
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap inspektorat termasuk aparat Badan Pengawas Daerah (Bawasda) yang membiarkan terjadinya korupsi di lingkungan Pemda. Menurutnya, inspektorat daerah yang membiarkan korupsi  akan dicopot.

Berbicara dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Atas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Jakarta, Kamis (8/11), Mendagri mengatakan, aparat innspektorat daerah yang melakukan pembiaran atas praktik korupsi sama saja bekerjasama dengan koruptor.

Menurutnya, akibat pembiaran itu pemerintah terus-menerus jadi sasaran kritik. "Saat ini pemerintah seringkali menuai kritik dari masyarakat akibat kinerja dan akuntabilitas (pertanggungjawaban) kinerja yang rendah," katanya.

Karenanya Mendagri wanti-wanti kepada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk dapat lebih berperan dalam meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kinerja pemerintah. "APIP hendaknya dapat berperan efektif dalam mendeteksi, mencegah korupsi, serta bisa  memberikan solusi atas berbagai permasalahan atau penyimpangan pengelolaan anggaran pemerintah,” katanya.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap inspektorat termasuk aparat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News