Mahasiswa Galang Tandatangan Massal

Mahasiswa Galang Tandatangan Massal
Mahasiswa Galang Tandatangan Massal
JAKARTA - Perkumpulan Mahasiswa Universitas Atmajaya Jakarta dan KontraS siang ini, Minggu (11/11) menggelar aksi damai dan tandatangan massal di kawasan Car Free Day, Jalan Sudirman untuk memperingati 14 tahun Tragedi Semanggi. Aksi ini dilakukan di jalur cepat, tepat di depan Gedung Universitas Atmajaya. Puluhan pengendara sepeda dan warga yang sedang berolahraga tampak antusias untuk menyempatkan diri memberi tandatangan mereka di atas kain putih yang telah disediakan mahasiswa. Mereka juga menyempatkan diri berfoto dengan latar spanduk hitam bertuliskan "Adili Jenderal Pelanggaran HAM" dan "Usut Tuntas Tragedi Semanggi"

"Kami melakukan aksi ini untuk mengingatkan kembali desakan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar membentuk pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) ad hoc sesuai pasal 43 ayat 2 Undang-Undang Nomor 26 tahun 2000. Ini untuk menyelesaikan Tragedi Trisaksi, Tragedi Semanggi I dan Semanggi II," ujar Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, Patrick Ginting di sela-sela aksi damai tersebut.

Dalam hal ini, para mahasiswa dan KontraS juga meminta pemerintah menginstruksikan agar penegak hukum segera mengusut eks Pangdam Jaya padaa Tragedi Trisaksi, Syafrie Syamsoedin, Prabowo Subianto, eks Komandan Kostrad pada saat Tragedi Trisakti, Noegroho Djayusman, eks Kapolda Metro Jaya pada Tragedi Semanggi I dan Semanggi II, Djaja Soeparman, eks Pangdam Jaya pada Tragedi Semanggi I dan Semanggi II, serta Wiranto, eks Panglima ABRI pada saat terjadi tiga tragedi berdarah tersebut.

"Diusut dengan menggunakan dan melanjutkan hasil penyelidikan KPP HAM Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II, yang telah dikeluarkan Komnas HAM di tahun 2002 sebagai pijakan awal," sambung Patrick.

JAKARTA - Perkumpulan Mahasiswa Universitas Atmajaya Jakarta dan KontraS siang ini, Minggu (11/11) menggelar aksi damai dan tandatangan massal di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News