Rabu, 01 Oktober 2014 | 00:55:05
Home / Pendidikan / Pendidikan / Kemendikbud Benahi Penyaluran Dana Sertifikasi Guru

Selasa, 13 November 2012 , 09:42:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Ainun Naim  menyebutkan, alokasi anggaran tunjangan sertifikasi guru tahun 2013 mengalami kenaikan jadi Rp43 triliun. Tapi penyaluran dana sertifikasi guru tahun ini diakuinya masih menyisakan banyak persoalan yang harus dibenahi, gar tahun depan alokasi tunjangan sertifikasi guru dapat tersalurkan secara optimal.

Ainun Naim menjelaskan bahwa masalah tunjangan sertfikasi guru bukanlah hal yang sederhana, karena system penyalurannya berbeda dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS), dimana penerimanya ada sekolah.

"Kalau ini (tunjangan sertifikasi) penerimanya masing-masing guru, jumlahnya banyak, itu tidak diberikan begitu saja. Ada kriteria tertentu, selain memenuhi sertifikasi juga memenuhi beban kerja (mengajar)," kata Sekjen Kemendikbud, Ainun Naim di Kemendikbud Senin (12/11) malam.

Nah, menurutnya hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa alokasi tunjangan sertfikasi guru tidak bisa langsung ditransfer oleh Pusat kepada masing-masing guru, sehingga harus melalui daerah.

Lagipula, lanjut dia, pembahasan tentang penyaluran tanjangan sertifikasi dari Pusat ke masing-masing guru juga belum final. Sekarang pembahasan langsung ke guru itu belum final, jelasnya.

Terkait penyaluran dana tunjangan sertifikasi tahun ini, pemerintah melalui Kementrian Keuangan sebenarnya juga telah menerapkan sanksi bagi daerah yang belum mampu melengkapi kriteria guru penerima tunjangan sertifikasi.

"Soal mekanisme sanksi sudah ada dari Menkeu. Misalnya kalau pertanggung jawaban belum lengkap, alokasi dana sertfikasi tidak bisa diberikan, itu mengakibatkan ketidaklancaran pencairan. Nah, kewenangan sanksi ini di Menkeu," paparnya.

Saat ditanya mengenai langkah pemerintah mengatasi kekacauan penyaluran dana sertifikasi guru yang saat ini terjadi, apakah sudah ada solusinya? Sekjen Kemendikbud mengaku sudah menemukan formula.

"Bisa diperbaiki, caranya perbaiki manajemen data, sehingga jumlah guru, kemudian guru yang sudah lulus sertifikasi dan sudah memenuhi beban kerja bisa terdata dengan baik," kata Ainun Naim.

Kalau tidak begitu, lanjut dia, jika dana itu asal ditransfer, ketika terjadi salah transfer kepada guru yang belum memenuhi kriteria maka akan lebih kacau, karena guru tersebut harus mengembalikan dana sertifikasinya.

"Mentransfer kalau nanti salah transfer gimana coba, sementara belum penuhi syarat, disuruh mengembalikan kan," kata Ainun Naim.

Bagaimana soal guru yang masuk data base tapi belum menerima? Makanya sertifikasi itu harus divalidasi dulu, perbaiki proses pengumpulan data, pungkasnya.(fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        09:39
        nice penalty removal
        6CpNZd Thanks for the blog post.Much thanks again. Will read on... From mobile
      2. 28.06.2013,
        21:41
        rial.k
        kemendikbud, semua kebijakan diknas, dari penggandaan Soal UN, Pendataan sertifikasi, semua ditangani pusat,namun semua kacau balau,serakah amat
      3. 19.06.2013,
        20:51
        rial.k
        Pendataan sertifikasi guru dan pengawas,kembalikan kedaerah(Kabupaten/Kota)begitu juga dng Pengandaan Soan UN,pasti akan beres,pusat jgn serakah
      4. 07.06.2013,
        23:55
        rial.k
        Terlambatnya pencairan DANA SERTIFIKASI GURU,tahun ini disebabkan oleh Pendataan yang tahun ini, dilakukuan oleh Diknas Pusat,bukan daerah lagi,
      5. 23.04.2013,
        18:37
        Muhammad Fahmi
        dana sertifikasi lambat dalam penyalurannya. untuk bantuan tunjangan fungsional secepat di salurkan
      6. 11.04.2013,
        08:43
        idar,s.pd
        mudah-mudahan bisa secepatnya diselesaikan!kami sudah lama menunggu,tapi belum ada kejelasan hari,tanggal,dan bulan.
      7. 30.03.2013,
        01:16
        junaedi
        ada teman saya yang mendapat dana sertifikasi ganda yang 1 tahun menerima 2 kali ada juga yang belum menerima sampai saat ini
      8. 29.03.2013,
        08:42
        Darmon Hilahapa
        dana sertifikasi guru kota Bitung (Sulut) tahun 2012 pencairannya kurang 2 bulan. entah ada apa..? dan karena apa..? kurang tahu!!!
      9. 22.03.2013,
        10:17
        Dra.Edik Silaban
        Kami percaya sisa 2 bulan thn 2012 pihak yg berkepentingan tidak bertindak diskriminatif dalam pencairan dan kami setia menunggu ,tks
      10. 20.03.2013,
        17:48
        Drssulaeman said
        Gimn dengan 2 bln di thn 2012 apa ada harapan untuk mendapatkan nya bgmn dgn pemerintah utamanya yg punya wewenang untuk mencairkan nya.punya hati nurani. From mobile