Dahlan: Inalum Akan Jadi BUMN

Dahlan: Inalum Akan Jadi BUMN
Dahlan: Inalum Akan Jadi BUMN
MEDAN- Pemerintah memastikan bahwa PT Inalum dipastikan akan menjadi milik Indonesia pascaputus kontrak dengan konsorsium Jepang, 2013 mendatang. Pemerintah sudah menyiapkan dana untuk pengambilalihan pabrik aluminium yang ada di Kabupaten Asahan, Sumut, itu sebesar Rp2 Triliun untuk tahun 2012, dan akan ditambah pada tahun 2013 sebesar Rp3 Triliun.

Hal tersebut diungkapkan oleh menteri negara Badan Usaha Milik Negara (BUMnB) Dahlan Iskan dalam kuliah umum "Membangun Etika Pejabat Bersih dari Korupsi" di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Umsu), kemarin (17/11).

"Ini sudah keputusan final, Inalum akan menjadi milik Indonesia. Walaupun rayuan Jepang sangat besar untuk dapat kembali mengurus Inalum dan minta agar kontrak diperpanjang lagi," ujarnya.

Dijelaskannya, dengan berakhirnya kontrak ini, maka berbagai perjanjian juga tidak berlaku lagi. Seperti 70 persen hasil Inalum harus dikirim ke Jepang, dan lainnya. "Dengan kata lain, akan ada penghematan sekitar Rp40 Triliun pertahun. Karena devisa akan kembali," lanjutnya.

MEDAN- Pemerintah memastikan bahwa PT Inalum dipastikan akan menjadi milik Indonesia pascaputus kontrak dengan konsorsium Jepang, 2013 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News